KONTAK-KONTAK
PERSONAL DALAM
INOVASI
PENDIDIKAN
Kontak personal adalah orang atau
kelompok orang yang melakukan proses komunikasi yang menetapkan titik-titik
tertentu dalam penyebaran informasi melalui ruang dan waktu dari suatu agen kea
gen lainnya.
Persepsi mental kognitif terhadap
obyek pengalaman, dengan menyimpulkan informasi serta menafsirkan pesan yang
diterima, dari karakteristik perilaku hasil belajar dari individu yang
memberikan respon pada stimuli yang ditangkap.
Dalam melaksanakan inovasi
pendidikan ditingkat makro misalnya jaringan birokrat dan sekolah ditingkat
mikro sangat perlu adanya komunikasi antara anggota organisasi kepal sekolah,
staf TU (Tata Usaha) dan gru sesuai
dengan tujuan dari inovasi.
Dalam mensosialisasikan inovasi
pendidikan diperlukan kontak-kontak personal, menyangkut masalah kurikulum,
guru, kepala sekolah, dinas pendidikan, dan masyarakat.
Difusi Inovasi Personal
Difusi Inovasi adalah teori tentang bagaimana sebuah ide dan teknologi baru tersebar dalam sebuah kebudayaan.. Teori ini dipopulerkan oleh Everett Rogers pada tahun 1964 melalui bukunya yang berjudul Diffusion of
Innovations. Ia mendefinisikan difusi sebagai proses dimana sebuah inovasi dikomunikasikan melalui berbagai saluran dan jangka waktu tertentu dalam sebuah sistem sosial.
Inovasi
merupakan ide, praktek, atau objek yang dianggap baru oleh manusia atau unit adopsi lainnya. Teori ini
meyakini bahwa sebuah inovasi terdifusi ke seluruh masyarakat dalam pola yang bisa diprediksi. Beberapa
kelompok orang akan mengadopsi sebuah inovasi segera setelah mereka mendengar
inovasi tersebut. Sedangkan beberapa kelompok masyarakat lainnya membutuhkan
waktu lama untuk kemudian mengadopsi inovasi tersebut. Ketika sebuah inovasi
banyak diadopsi oleh sejumlah orang, hal itu dikatakan exploded atau
meledak.
Difusi
inovasi sebenarnya didasarkan atas teori di abad ke 19 dari seorang ilmuwan Perancis, Gabriel Tarde. Dalam bukunya yang
berjudul “The Laws of Imitation” (1930), Tarde mengemukakan teori kurva S dari adopsi inovasi, dan pentingnya
komunikasi interpersonal. Tarde juga memperkenalkan gagasan mengenai opinion leadership , yakni ide yang menjadi penting
diantara para peneliti efek media beberapa dekade kemudian. Tarde melihat bahwa
beberapa orang dalam komunitas tertentu merupakan orang yang memiliki ketertarikan lebih
terhadap ide baru, dan dan hal-hal teranyar, sehingga mereka lebih
berpengetahuan dibanding yang lainnya. Orang-orang ini dinilai bisa
mempengaruhi komunitasnya untuk mengadopsi sebuah inovasi.
Penyebaran (difusi) inovasi
personal merupakan proses inovasi yang dikomunikasikan dan mendifusikan pesan
ide baru dari individu inovator atau early adopter kepada adopter lain.
Inovator atau early adopter
dikomunikasikan, didifusikan adopter lain : early majoritas, latest majoritas.
Adopter lainnya ; ide inovasi
innovator dan early adopter, komunikasi interpersonal, chanel-chanel inovasi.
Sasaran inovasi yaitu media masa
seperti radio, televise dan surat kabar. Menurut
Ibrahim (1988: 59) difusi ialah proses komunikasi inovasi antar warga
masyarakat (anggota sistem sosial), dengan menggunakan saluran tertentu dan
dalam jangka waktu tertentu. Proses difusi inovasi didasarkan atas adanya
proses komunikasi, salah satu dampak yang diharapkan dari proses difusi
inotivasi yang disebarkan adalah terbentuknya sikap masyarakat untuk menerapkan
pengetahuan baru.
Faktor-faktor yang menumbuhkan Hubungan
Interpersonal :
Interpersonal komunikasi
Trust
Self disclosure
Empaty
Sportif
Mau Tahu
ELEMEN
Elemen dalam teori difusi inovasi ini terdiri dari: inovasi, tipe saluran komunikasi, tingkat adopsi, dan sistem sosial.
Elemen difusi inovasi.
Rogers
mengemukakan ada 4 elemen pokok difusi inovasi, yaitu:
A.
Inovasi
Inovasi
(Ibrahim : 60) ialah suatu ide, barang, kejadian, metode, yang diamati sebagai
suatu ide baru bagi seseorang atau sekelompok orang, baik itu berupa hasil
invensi atau diskoveri, yang diadakan untuk mencapai tujuan tertentu.baru disini
diartikan mengandung ketidak tentuan, artinya sesuatu yang mengandungberbagai
alternative.
Sesuatu
yang tidak tentu masih terbuka berbagai kemungkinan bagi orang yang
mengamatinya, baik mengenai arti, bentuk, manfaat, dan sebagainya. Dengan
adanya informasi tersebut berarti mengurangi ketidak tentuan tersebut.Misalnya
, inovasi komputer, maka orang yang mengamati komputer sebagai sesuatu yang
baru, berarti komputer bagi orang itu masih serba tidak tentu. Bagi orang itu
mendapat informasi tentang komputer sangat penting utnuk mengurangi
ketidaktahuannya tentang benda baru tersebut.
B.
Komunikasi dengan saluran tertentu.
Sebagaimana yang kita
ketahui bahwa komunikasi adalah proses pertukaran informasi, dan komunikasi
berfungsi untuk menyampaikan informasi, dan bisa juga sebagai hiburan dan
bahkan bisa sebagai pengendali tingkah laku. (Ahmad Mubarok: 1999:21.)
Komunikasi dalam pembicaraan difusi inovasi ini, diartikan sebagai proses
pertukaran informasi antar anggota sistem sosial (warga masyarakat) sehingga
terjadi saling pengertian antara satu dengan yang lain. (Ibrahim, 1988: 61).
Difusi adalah salah satu tipe komunikasi yang menggunakan hal yang baru sebagai
bahan informasi, inti dari pengertian difusi ialah terjadinya komunikasi
(pertukran informasi) tentang sesuatu hal yang baru (inovasi).
Menurut Ibrahim (1988:62) Kegiatan komunikasi
dalam proses difusi mencakup hal-hal sebagai berikut: (1). suatu inovasi, (2)
individu atau kelompok yang telah mengetahui dan berpengalaman dengan inovasi
(3) Individu atau kelompok yang lain yang belum mengenal inovasi (4) saluran
komunikasi yang menggabungkan antara kedua pihak tersebut.
C. Waktu
Menurut Ibrahim (1988 :62)
waktu adalah elemen yang penting dalam proses difusi, karena waktu merupakan
aspek utama dalam proses komunikasi.
Peranan dimensi waktu dalam
proses difusi ada tiga hal sebagai berikut;(1) proses keputusan inovasi. (2)
kepekaan seseorang terhadap inovasi. (3) kecepatan seseorang menerima inovasi.
D. Sistem
Sosial
Sistem sosial ialah
hubungan (interaksi) antar individu atau unit dengan bekerja sama untuk
memecahkan masalah guna mencapai tujuan tertentu. Anggota
sistem sosial dapat individu, kelompok- kelompok informal, organisasi dan sub
sistem yang lain.
Semua anggota sistem sosial bekerjasama untuk
memecahkan masalah guna mencapai tujuan bersama. Dengan demikian maka sistem
sosial merupakan ikatan bagi anggotanya dalam melakukan kegiatan artinya antar
anggota tentu saling pengertian dan hubungan timbal balik.
Latihan
Soal :
1. Suatu kelompok
orang yang melakukan proses komunikasi yang menetapkan titik-titik tertentu
dalam penyebaran informasi melalui ruang dan waktu dari suatu agen ke agen lain
disebut. . . .
a. Difusi
personal
b. Kontak
personal
c. Inovasi
personal
d. Hubungan
Interpersonal
Jawaban : b. Kontak personal.
2.
Trust, Self disclosure, Empaty, Sportif, dan Mau Tahu
termasuk faktor-faktor. . . .
a.
Elemen Difusi
b.
Kontak Personal
c.
Difusi Inofasi
d.
Hubungan Interpersonal
Jawaban : d. Hubungan
Interpersonal.
3.
Inovasi, komunikasi dengan saluran tertentu, waktu, sistem
sosial adalah empat elemen pokok difusi inovasi menurut. . . .
a.
Rogers
b.
Ibrahim
c.
Ahmad Mubarok
d.
Gabriel Tarde
Jawaban : a. Rogers.
4.
Hubungan antar individu atau unit dengan bekerja sama untuk
memecahkan masalah guna mencapai tujuan tertentu disebut. . . .
a.
Komunikasi dengan saluran tertentu
b.
Inovasi
c.
Sistem sosial
d.
Difusi
Jawaban : c. Sisitem
social.
5.
Suatu ide, barang, kejadian, metode, yang diamati sebagai
suatu ide baru bagi seseorang atau sekelompok orang disebut inovasi menurut. .
. .
a.
Ibrahim
b.
Gabriel Tarde
c.
Rogers
d.
Ahmad Mubarok
Jawaban : a. Ibrahim.
6.
Menurut Ibrahim, Proses komunikasi inovasi antar warga
masyarakat dengan menggunakan saluran tertentu dan dalam jangka waktu tertentu
disebut. . . .
a.
Inovasi
b.
Adopter
c.
Difusi
d.
Elemen
Jawaban : c. Difusi.
7.
Dibawah ini yang bukan termasuk peranan dimensi waktu dalam
proses difusi menurut Ibrahim adalah. . . .
a.
Proses kebutuhn inovasi
b.
Kepekaan seseorang terhadap inovasi
c.
Kecepatan seseorang menerima inovasi
d.
Saluran komunikasi yang menggabungkan antara kedua pihak
tersebut
Jawaban : d. Saluran
komunikasi yang menggabungkan antara kedua pihak tersebut.
8.
Teori tentang bagaumana sebuah ide dan teknologi baru
tersebar dalam sebuah kebudayaan disebut. . . .
a.
Difusi Inovasi
b.
Elemen Difusi
c.
Inovasi
d.
Kontak Personal
Jawaban : a. Difusi
Inovasi.
9.
Dibawah ini yang termasuk elemen dalam teori difusi adalah, kecuali. . . .
a.
Inovasi
b.
Saluran Komunikasi
c.
Tingkat adopsi
d.
Difusi
Jawaban : d. Difusi.
10.
Menurut seorang ilmuan Perancis yaitu Gabriel Tarde difusi
inovasi sebenarnya didasarkan atas teori diabad ke. . . .
a.
16
b.
17
c.
18
d.
19
Jawaban : d. 19.
No comments:
Post a Comment